Beginilah Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan Untuk Membuat Video Timelapse.

Pernahkah kalian melihat penampakan video yang menampilkan perubahan cuaca dari yang tadinya siang hari berubah sangat cepat menjadi malam hari. Jika kalian pernah melihat video yang seperti itu, maka video yang kalian lihat adalah video yang diambil dalam mode timelapse.

Untuk membuat video timelapse seperti ini sebetulnya tidak terlalu banyak membutuhkan alat khusus, atau kamera yang memiliki spesifikasi yang tinggi. Bahkan kamera HP pun bisa dengan mudah melakukannya.

Hanya saja beberapa perlengkapan pendukung kamera seperti tripod harus ada. Tentunya perlengkapan lain juga harus disertakan agar pengambilan video model timelapse Anda bisa lebih maksimal. Berikut peralatan, beserta langkah-langkahnya yang harus ada untuk mendukung video timelapse.

Gunakanlah Tripod yang Kuat.

Peralatan yang harus ada untuk mengambil video timelapse yaitu tripod. Tanpa tripod si mustahil banget kalian bisa mengambil video model seperti ini.

Fungsi tripod ini agar saat kalian mengambil gambar tidak guncang. Tripod juga berguna ketika kalian bermain dengan shuter speed ketika memotret gambar dengan mode light trail.

Sediakanlah Perangkat Kamera yang Mumpuni.

Kamera yang mumpuni tidak hanya menggunakan DSLR saja. Tapi juga bisa menggunakan mirroless, kamera HP, maupun kamera kodak semuanya bisa mengambil gambar mode timelaps. Hanya saja diusahakan resolusi kameranya minimal 12 Mp agar gambarnya tidak pecah.

Sebelum mulai mengambil gambar timelaps. Diusahakan kalian kosongkan dulu memori penyimpanan yang tadinya penuh dengan data. Sisakan space memori minimal 5 Gb untuk membuat video timelaps ini.

Gunakanlah Aplikasi Viva Video.

 

Selain peralatan berupa hardware yang harus dipersiapkan. Kalian juga harus menyiapkan perlengkapan lainya berupa softwere. Softwere yang dimaksud disini yaitu aplikasi Viva Video.

 

Aplikasi Viva Video ini nantinya akan menjadi programing untuk mengolah gambar yang kalian ambil menjadi video dengan durasi cepat. Viva video memiliki efek untuk mempercepat gambar bergerak sesuai dengan apa yang kalian inginkan.

 

Setelah semua perlengkapan tersedia. Maka langkah selanjutnya yaitu mengoperasikan peralatan tersebut pada objek yang akan kalian buatkan video timelaps-nya. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

 

Pertama, tentukanlah lokasi yang akan diambil untuk video timelaps. Kami menyarankan kalian untuk mengambil lokasi yang jauh dari gangguan binatang.

 

Kedua, setalah lokasi pengambilan gambar sudah didapatkan. Langkah selanjutnya yaitu memasang tripod, dan pengambilan sudut angle yang kira-kira menurut kalian fotogenik.

Ketiga, setelah lokasi pengambilan gambar sudah didapatkan. Langkah berikutnya yaitu ubahlah setting-an kamera kalian ke dalam mode aperture priority. Penyetingan kedalam mode ini bertujuan supaya dapat meminimalkan kemungkinan gambar mengalami blur.

Keempat, setelah aperture priority di-setring. Langkah berikutnya yaitu mengatur bagian iso. ISO yang disarankan di-setting pada angka 100 hingga 200 saja agar keseimbangan white balance lebih seimbang.

 Kelima, setelah ISO sudah kalian setting. Langkah berikutnya yaitu mengatur berapa jumlah FPS yang akan digunakan. Kami menyarankan kalian menggunakan FPS dengan rate mulai dari 30 FPS hingga 60 FPS. Penyetingan ini berguna untuk membuat video timelaps tampak lebih smooth, dan bebas lag.

Keenam, setelah sudah mengotak-atik setting-an kamera. Langkah berikutnya yaitu langsung mengambil gambar. Pasanglah kamera kalian pada tripod yang telah digunakan. Tripod usahakan memiliki 4 kaki agar tidak goyang walaupun terkena angin kencang. Ambillah video kira-kira selama 5 jam lamanya.

Ketujuh, setelah kalian telah berhasil mengambil gambar. Langkah terakhir yang harus kalian lakukan yaitu langsung mengedit video berdurasi 5 jam tersebut melalui aplikasi Viva Video, Movie Creator, maupun melalui Movie Makers. Percepatkanlah video yang diambil selama 5 jam menjadi 15 menit. Selamat video timelaps-nya sudah kalian buat. Mudah sekali bukan.

RECENT POST:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Themes
Scroll to Top