Pencak Dor adalah sebuah seni tradisi beladiri tradisional yang sudah ada di Blitar sejak puluhan tahun silam.Untuk melestarikan kebudayan tersebut paguyuban Pencak Dor mengadakan event yang bertajuk “Parade Seni Beladiri Tradisional”. Pencak Dor telah tumbuh dan berkembang di Kediri, Blitar, Tulung Agung hingga Nganjuk.

Pada Awalnya tujuan diadakan Seni Beladiri Pencak atau tarung bebas ini adalah bertujuan untuk ajang silaturahmi para pendekar dan santri di kala itu, era tahun 60-an. Padepokan pendekar bergantian mendatangi padepokan lain untuk silaturahmi. Disini mereka mengadakan pertunjukan tarung bebas, bukan untuk permusuhan melainkan justru untuk menyeleseikan permasalahan.

Pada Perkembangannya dan terus berkembangnya zaman, seni beladiri pencak dor tetap eksis namun sedikit berganti fungsi. Saat ini pertunjukkan ini sangat diminati masyarakat, sehingga setiap kali ada event pencak, ribuan masa akan melihat.Bahkan tidak hanya itu, siapa saja yang ingin mencoba ilmu beladiri dan mental nya dipersilahkan untuk naik keatas ring. Dan bebas memilih lawan asalkan lawan tersebut juga mau meladeni.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *