Dalam proses kreatif pra produksi sebuah film, dokumenter, company profil, bahkan seni panggung teater di perlukan sebuah skenario atau lebih khususnya screenplay untuk karya visual.Skenario sendiri memiliki format standar international.Karena saya tidak memiliki basic penulisan screenplay, cukup sulit awalnya menuangkan ide-ide yang selalu bermunculan dalam bentuk standar skenario.Kadang saat perjalanan di bus,kereta,mobil ide itu muncul, hanya saya tulis di note HP.Dan rasanya kurang mencukupi kebutuhan penulisan ide sampai menjadi sebuah script.Saya pengen menulis di sebuah aplikasi yang simple tapi bisa dikembangkan menjadi sebuah skenario.Nah akhirnya nemu juga software yang namanya "Celtx".Software word prosesor yang khusus untuk menulis skenario, bahkan lebih dari itu software ini bisa menjadi management pra produksi,membuat storyboard,sket blocking lighting dan kamera,jadwal shoting,breakdown script dll.

Tidak butuh waktu yang lama untuk mempelajari software ini, karena terlihat cukup simple.Pada saat awal kita di beri pilihan template skenario, untuk film, audio visual, theater, audio pplay, storyboard, comic book dan Novel.Software ini otomatis akan menulisakannya dalam format standar skenario, kita tinggal mengetik saja.Dari sini juga saya jadi tambah belajar tentang skenario,bagaimana format skenario, apa itu scene heading, jenis shot, dialog, dll.Pengetahuan untuk menulis script saya pun jdi bertambah pesat.

celtx software penulis script gratis

Fitur-fitur celtx yang saya sukai :

1.Terdapat mobile aplikasi ( android, ipad dan windows phone ) sangat membantu untuk menulisa skenario dimana pun berada.
2.Cloud server ; kita bisa mendaftar di celtx.com dan mendapat fasilitas penyimpanan online skenario kita yang dapat diakses melalui handphone juga.Jadi satu file bisa dibuka dimana pun.
3.Collaborative ; skenario di server online itu bisa kita share dengan kolega/tim dan dari situ bisa bersama-sama mengembangkan skenario atau berbagi tugas ada yang bikin storyboard dan lain-lain.Bisa saling update.
4.Storyboard : kita bsa membuat storyboard sederhana disini, lengkap dengan shot dan kita bsa play storyboard yang biasa saya gunakan untuk presentasi ke klien.
5.Breakdown script; dari skenario kita membutuhkan detail dan pencatatan kebutuhan properti, wardrobe, set dll.Celtx bisa membantu menulisnya,bisa secara otomatis dan menambahkan secara manual.Kebutuhan detail setiap scene bisa dicatat disini.
6.Jadwal shoting ; membuat jadwal shoting sangat mudah, tinggal drag and drop scene-scene kita.

Cukup menarik bukan, silahkanberkunjung ke web nya celtx.Mendaftar gratis dan dapatkan softwarenya.untuk bertanya atau berdiskusi kontak saya hello@rudardp.com
Selamat mencoba dan berkarya.

Artikel menarik lainnya, Daftar istilah dalam pembuatan skenario.

RECENT POST:

2 thoughts on “celtx, software penulis skenario.”

  1. Pingback: video DSRL | Kreatif Studio Production | Rumah Produksi Film, Company Profile, TVC, Videoklip

  2. Pingback: Istilah-istilah dalam skrip / skenario / screenplay | Kreatif Production | Photo & Video Production

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Themes
Scroll to Top