Vignetting merupakan fenomena pencitraan yang terjadi dengan hampir setiap sistem optik . Ia bahkan bisa juga ditambahkan dengan sengaja pasca-produksi . Pada artikel ini, kami menyelidiki jenis dan penyebab vignetting sehingga dapat diantisipasi dan dikendalikan.
BEBERAPA JENIS VIGNETTING

Vignetting muncul sebagai gelap radial di  sudut-sudut gambar, dan dapat timbul karena beberapa alasan yang berbeda.


Optical & Natural Vignet                                                      Vignetting mekanik

Natural vignetting gelap yang tergradasi dari sudut-sudut gambar ke titik tengah dan terutama disebabkan oleh cahaya yang mencapai lokasi yang berbeda pada sensor kamera pada sudut yang berbeda. Jenis vignetting ini yang paling sering terjadi pada lensa wide angle .

Optical vignetting hampir sama dengan natural vignetting, tetapi biasanya disebabkan oleh karakteristik lensa intrinsik dan shading dari lensa barel itu sendiri, dan sangat dipengaruhi oleh desain lensa tertentu. dan biasa terjadi karna bukaan (apature) yang besar

Vignetting mekanik biasanya terjadi tiba-tiba dan hanya di sudut-sudut , karena ini disebabkan oleh matte box, cincin filter atau objek lain yang secara fisik menghalangi cahaya di depan lensa. Tapi vignetting ini masih bisa di hilangkan dengan mengunakan focal length yang lebih panjang

 


Vignetting mekanik adalah satu-satunya jenis yang dapat sepenuhnya dihilangkan dengan teknik kamera, tetapi  optical and natural vignetting hanya dapat diatasi dalam pasca - produksi.
PENYEBAB NATURAL VIGNETTING

Jika kita lihat pada gambar Cahaya yang diproyeksikan menuju pusat sensor kamera semakin menjauh dari titik tengah semakin tipis cahaya yang di tangkap.

ada tiga alasan mengapa hal itu terjadi. Pertama, cahaya yang di tangkap tepi sensor telah melakukan perjalanan lebih jauh daripada cahaya yang di tangkap bagian tengah sensor, yang pada akhirnya menyebabkan cahaya menjadi semakin redup. Kedua, seperti bagaimana indeks UV matahari tertinggi tengah hari ketika matahari overhead , fluks cahaya di sensor kamera menurun jauh dari pusat gambar . Ketiga, pupil lensa seperti yang terlihat pada gambar tampak  elips dan dengan demikian sempit bila dilihat pada sudut ( dibandingkan dengan lingkaran yang sepertinya lurus ).
PENGENDALIAN VIGNETTING

Vignetting juga dapat dikurangi secara substansial dengan menggunakan graduated neutral density (GND) filte, dari contoh gambar gnd filter anda tau maksud saya kan. jika perubahan aperture lensa juga akan memerlukan sebuah ND filter yang berbeda .

Mungkin yang paling sederhana dan paling ampuh adalah dengan cara mengatasi vignetting dalam pasca – produksi. Namun, koreksi yang ekstrim juga dapat memperburuk noise  di sudut gambar.

MASALAH SUBJECT

Subyek juga memainkan peran kunci dengan visibilitas vignetting . Adegan dengan pencahayaan rendah atau tidak rata sering dapat mentolerir jauh vignetting :


Vignet tak terlihat dengan Exposure sempit.

kadang kala optical and natural vignetting sering menguntungkan, misalnya karena ini dapat menarik perhatian terhadap subjek utama.Untuk alasan ini vignetting kadang-kadang ditambahkan sengaja pada pasca-produksi :

RECENT POST:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Themes
Scroll to Top